Matangkan Persiapan AMI Tahun Akademik 2023/2024, LPM UMALA Sowan ke UNU Surakarta Adakan Bench Marking

Untuk mematangkan pelaksanaan Audit Mutu Inernal (AMI) tahun akademik 2023/2024, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Ma’arif Lampung (LPM UMALA) melakukan lawatan ke Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta pada Rabu (03/07/2024). Lawatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas auditing yang telah dilakukan oleh Tim Auditor UMALA pada tahun-tahun sebelumnya. Dari pihak UNU Surakarta, agenda tersebut dihadiri oleh Kepala Biro, Ketua LPM dan jajarannya. Adapun UMALA mengirimkan Kepala Pusat SPME dan Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam sebagai delegasi.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Muhamad Agus Mushodiq, M.Hum selaku Kepala Pusat SPME UMALA menyatakan bahwa tujuan kunjungan adalah upaya menimba ilmu dalam menjaga mutu tridharma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pendidikan. Mengingat bahwa UNU Surakarta berhasil mendapatkan akreditasi unggul untuk Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Dalam kesempatan wawancara, beliau menyatakan maksud dari bench marking yang dilakukan di salah satu kampus naungan Nahdlatul Ulama tersebut, “Kami tertarik untuk belajar lebih jauh pengendalian yang dilakukan LPM dalam mengawal mutu pendidikan di UNU Surakarta, Kami yakin bahwa keberhasilan UNU dalam meraih predikat unggul untuk prodi Magister Pendidikan Agama Islam adalah imbas dari pelaksanaan Audit Mutu Internal yang baik dan efektif.

Dari pihak UNU Surakarta, Dr. Nanang Nurcahyo, S.H, M.H selaku ketua LPM menyambut baik kedatangan delegasi UMALA. Beliau menyatakan bahwa kunjungan pihak UMALA tidak sekedar menimba ilmu, tetapi juga sharing bersama dalam upaya penjaminan mutu perguruan tinggi di bawah naungan Nahdlatul Ulama. Dalam kesempatan tersebut, beliau memaparkan beberapa faktor utama perolehan UNU Surakarta meraih akreditasi unggul di salah satu program studi. Di antaranya adalah adanya validasi semi eksternal dari LLDIKTI melalui aplikasi SPMI. Beliau menambahkan bahwa untuk PTKIS di bawah Kemenag aplikasi tersebut memang belum ada. Akan tetapi bagi PTS, termasuk UNU di dalamnya, telah diberi sarana berupa aplikasi oleh LLDIKTI untuk memvalidasi pemenuhan instrument yang dibuat oleh UNU Surakarta secara otonom sejak tahun 2021. Dengan demikian, pelaksanaan AMI terkontrol secara rutin. Selain itu, perolehan akreditasi unggul merupakan imbas dari pelaksanaan tridharma perguruan tinggi pada ranah internasional. Di mana, pihak UNU Surakarta mengirimkan dosen dan mahasiswa untuk dapat melakukan penelitian dan pengabdian secara internasional.

Di akhir acara, kedua belah pihak melakukan pendandatanganan MoU mengenai pengelolaan perguruan tinggi, khususnya dalam konteks pengendalian mutu. Pelaksanaan MoU antar LPM dilakukan karena sebelumnya UMALA dan UNU Surakarta telah melakukan MoU pada tingkat Universitas dan Lembaga Publikasi, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *