Bersiap Terjun ke Lapangan Lakukan Audit, Tim Audit Mutu Internal UMALA Lakukan Rapat Koordinasi

Dalam satu bulan, Tim Auditor Mutu Internal Universitas Ma’arif Lampung telah melakukan rapat koordinasi sebanyak tiga kali untuk mempersiapkan pelaksanaan audit Tahun Akademik 2023/2024. Pada pertemuan pertama, Kamis (13/06/2024) rapat dipimpin oleh Ketua LPM dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Kepala Biro, dan seluruh Tim Auditor Mutu Internal di ruang meeting room Gedung Rektorat lantai II.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor I Dr. Agus Setiawan, M.H.I memberikan sambutan dan arahan bahwa Audit Mutu Internal (AMI) merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu program studi dan perguruan tinggi. Dengan melakukan AMI, maka pimpinan (pihak manajemen) akan mendapatkan kondisi sebenarnya terkait kinerja pimpinan, dekan, ketua program studi, lembaga, dan unit yang nantinya akan diukur dengan Standar Penjaminan Mutu Internal. Selain itu, pihak manajemen akan mendapatkan masukan-masukan konstruktif sebagai bahan pengembangan mutu perguruan tinggi di setiap tahunnya berdasarkan rapat tinjauan manajemen. Dengan pemantauan dan pemenuhan Standar Mutu Internal, diharapkan pihak penjaminan mutu eksternal, baik BAN-PT atau LAM akan memberikan penilaian yang positif. Selain itu, ketua LPM, Dr. Dedi Setiawan, M.Pd pada rapat tersebut menjelaskan secara rigid penyegaran seluk beluk Audit Mutu Internal, teknis pelaksanaan, dan penetapan time line persiapan hingga pelaksanaannya.

Rapat kedua, dilakukan pada pekan selanjutnya, Kamis (20/06/2024) yang dilaksanakan di ruang LP3M Universitas Ma’arif Lampung. Pada rapat tersebut dilaksanakan diskusi lanjutan dengan melakukan pembagian tim untuk mematangkan pedoman dan instrument AMI Universitas Ma’arif Lampung. Pada rapat tersebut disepakati bahwa kordinator penyempurna pedoman AMI adalah Dr. Dedi Setiawan, M.Pd.I dan kordinator penguatan instrument AMI dipimpin oleh Dr. Wawan, M.Pd. Adapun presentasi draft kepada seluruh tim AMI akan dilaksanakan empat hari kemudian.

Rapat ketiga dilakukan pada hari Senin (24/06/2024) di ruang LP3M Universitas Ma’arif Lampung. Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Auditor AMI yang sekaligus Kepala Pusat SPMI, Ani Mardiantari, M.H memimpin rapat untuk membicarakan draft dokumen yang telah disusun masing-masing kelompok. Masing masing kordinator penguatan dokumen melakukan presentasi draft di hadapan seluruh Tim AMI. Seluruh Tim dengan jumlah 13 auditor berdiskusi aktif untuk menentukan pedoman dan instrument yang akan digunakan dalam kegiatan audit.

Setelah diskusi selesai, ketua tim auditor juga melakukan pembagian kelompok auditor. Untuk pelaksanaan audit di Tahun Akademik 2023-2024, difokuskan untuk program studi dengan jumlah 13 program studi sebagai auditee, baik program sarjana ataupun magister. Dengan demikian, ditentukan teammate auditor, di mana setiap program studi akan diaudit oleh dua auditor. Dan setiap teammate akan mengaudit dua program studi. Dia akhir acara, ditentukan waktu pertemuan selanjutnya pada tanggal 27 Juni 2024 untuk membicarakan tentang strategi sosialisasi dan distribusi panduan dan instrument audit kepada calon auditee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *