Bersiap Ajukan Akreditasi Perguruan Tinggi, STIES Darul Huda Mesuji Lakukan Benchmarking ke UMALA

Dengan adanya regulasi baru BAN-PT No. 11 Tahun 2023 mengenai kewajiban pengajuan akreditasi bagi perguruan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Darul Huda Mesuji melakukan lawatan ke Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) untuk melakukan benchmarking dan penandatanganan MoU. Pada hari Senin (20/5/2024) Ketua Yayasan Darul Huda K.H Abdul Karim Mahfudz, S.H.I, Ketua STIES Darul Huda Imam Asrofi, S.E.I.,M.E  dan jajarannya berdiskusi bersama Rektor UMALA Dr. Mispani, M.Pd.I, Wakil Rektor I Dr. Agus Setiawan, M.H.I, Ketua LPM Dr. Dedi Setiawan, M.Pd.I dan Ketua LP3M Hanif Amrullah, M.Si di meeting room lantai dua Gedung Rektorat. Di kesempatan tersebut, kedua belah pihak membicarakan pengelolaan perguruan tinggi, khususnya persiapan akreditasi perguruan tinggi.

Dalam sambutanya, Rektor UMALA, Dr. Mispani, M.Pd.I menegaskan bahwa upaya saling silaturahmi, saling belajar, dan saling support perlu dilakukan oleh setiap perguruan tinggi. Dengan adannya jalinan tersebut, diharapkan perguruan tinggi mampu bersinergi dan berkompetensi sehat dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor I, Dr. Agus Setiawan, M.H.I menguraikan tata kelola perguruan tinggi. Menurutnya, kelengkapan dokumen perguruan tinggi seperti Statuta, Renstra, Renop, dan RIP mutlak diperlukan sebagai pedoman perguruan tinggi untuk mencapai visi misi yang telah ditetapkan. Dokumen tersebut juga dijadikan landasan bagi perguruan tinggi untuk menetapkan kebijakan konstruktif bagi perkembangan perguruan tinggi.

Oleh karena tujuan benchmarking lebih fokus pada aspek persiapan perguruan tinggi untuk mengajukan akreditasi, maka Ketua LPM UMALA, Dr. Dedi Setiawan, M.Pd.I menjelaskan secara detail prosedur dan hal-hal penting yang perlu dipersiapkan dalam pengajuan borang akreditasi institusi. Dalam kesempatan tersebut, beliau menegaskan bahwa kerjasama dan kekompakan tim menjadi faktor penting dalam keberhasilan perguruan tinggi atau program studi dalam mengajukan akreditasi, baik sejak submit borang hingga pelaksanaan asesmen lapangan. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang sosialisasi Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof Ari Purbayanto, Ph.D mengenai deadline pengajuan terakhir akreditasi pada tanggal 18 Agustus 2024. Dengan demikian, STIES Darul Huda Mesuji perlu mengajukan akreditasi perguruan tinggi sebelum tanggal tersebut. Selain menjelaskan deadline submit borang, beliau juga menguraikan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sebagai landasan deskripsi borang. Selain itu pembagian tim perkriteria juga perlu dilakukan segera agar penyusunan borang dapat dilakukan secara maksimal dan optimal.

Menanggapi paparan yang disampaikan oleh pihak UMALA, Ketua Yayasan Darul Huda KH. Abdul Karim Mahfudz, menyatakan bahwa STIES Darul Huda Mesuji melalui ketua dan jajarannya segera menindak lanjuti saran-saran yang telah diberikan. Beliau menyampaikan bahwa upaya dilakukannya silaturahmi ke UMALA, selain karena perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan akreditasi institusi “Baik Sekali”, juga karena adanya rujukan sanad ideologi yang sama Nahdlatul Ulama. Selain itu, dengan melakukan benchmarking di UMALA, perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan terasa logis, karena sama-sama berstatus perguruan tinggi swasta.

Di akhir acara, pihak STIES Darul Huda Mesuji dan UMALA melakukan penandatanganan MoU terkait Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian. Salah satu tindak lanjut yang akan segera dilakukan adalah adalah review borang pengajuan akreditasi institusi STIES Darul Huda Mesuji oleh pihak LPM UMALA sebelum disubmit ke BAN-PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *