Bertekad Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi, IAINU Bangil Lakukan Benchmarking dan MoU dengan UMALA

Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) menyambut baik kedatangan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Bangil (IAINU Bangil) untuk melakukan benchmarking pengelolaan institusi dan MoU dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Rektor UMALA Dr Mispani, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya saling belajar mengenai tata kelola perguruan tinggi perlu dilakukan agar terjadi kompetisi sehat di antara perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Dengan demikian perguruan tinggi yang berafiliasi dengan NU secara umum dapat bersaing dalam kancah nasional dan internasional.

Dalam kegiatan tersebut -secara spesifik- dijelaskan status kelembagaan UMALA yang terintegrasi dengan PBNU Pusat melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif. Dr. Agus Setiawan M.H,I selaku Wakil Rektor I menegaskan bahwa UMALA merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama yang didukung oleh dokumen-dokumen terkait. Dokumen tersebut menguatkan ketersambungan “sanad” antara UMALA dengan PBNU melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif. Di sisi lain, UMALA juga memiliki dokumen-dokumen tertulis dalam pengelolaan institusi. Dengan demikian seluruh kebijakan dan keputusan yang dikeluarkan oleh pihak manajemen dapat dipertanggung jawabkan secara jujur, adil, transparan, profesional, dan objektif. Selain itu, Wakil Rektor I juga memaparkan lembaga dan unit di lingkungan UMALA yang mendukung terwujudnya visi misi Universitas Ma’arif Lampung seperti LPM, LP3M, Unit Pengembangan Bahasa, Unit Pengembangan Pengajaran, dan unit-unit lain.

Dalam proses penjaminan mutu, beliau juga menjelaskan tentang ketersediaan dokumen sebagai upaya penjaminan mutu institusi. Paradigma segitiga SN-Dikti, SPMI, dan SPME dijadikan pedoman untuk menjaga mutu institusi. Dengan demikian UMALA membuat dokumen-dokumen penjaminan mutu internal sebagai upaya pemenuhan kriteria pengelolaan perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah (SN-Dikti). Sehingga institusi eksternal (SPME), baik BAN-PT ataupun LAM dapat memberikan penilaian positif bagi Universitas Ma’arif Lampung. Pelaksanaan dan pemantauan upaya menjaga mutu institusi secara internal dilakukan dengan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP).

Selain menjelaskan tentang kelembagaan dan pengelolaan perguruan tinggi secara umum, pihak UMALA melalui  Ketua LP3M, Hanif Amrullah ZA, M.Si menjelaskan pedoman tata kelola jurnal yang ada di lingkungn UMALA. Dengan tata kelola yang telah diterapkan, UMALA memiliki dua jurnal terindeks Scopus dan delapan jurnal terakreditasi nasional. Dalam kesempatan yang sama, dijelaskan juga strategi penguatan motivasi dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Strategi tersebut dilakukan dengan mengadakan workshop coaching clinic dan pemberian reward bagi dosen yang berhasil menerbitkan artikel di jurnal Nasional dan Internasional.

Berdasarkan paparan yang disampaikan oleh pihak UMALA, pihak IAINU Bangil melalui Rektor Dr. Hj. Romlah, M.Pd.I dan Wakil Rektor 1 Dr. Hj. Minhah Makhzuniyah, M.Pd bertekad melakukan penguatan pengelolaan institusi melalui penyempurnaan ketersediaan dokumen yang mengatur pengelolaan institusi, agar segala kebijakan dan keputusan yang dilakukan pihak manajemen dapat dipertanggung jawabkan dan bersifat transparan. Di sisi lain, IAINU Bangil juga siap mengirimkan utusan untuk mempelajaran pengelolaaan jurnal secara intensif di UMALA  sebagai bentuk pelaksanaan MoU yang disepakati

Di akhir sesi acara, pihak IAINU Bangil dan UMALA melakukan penandatanganan MoU yang mencakup pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian dengan Universitas Ma’arif Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *